Algoritma YouTube 2021 dan Belajar SEO YouTube

Algoritma YouTube 2021 dan Belajar SEO YouTube

Menjadi konten kreator atau partner YouTube tidak hanya tentang bagaimana membuat konten video trending yang viral, original, unik dan menarik penonton atau subcriber Anda. Pahami cara kerja Algoritma YouTube 2021, trend terbaru dan mulai belajar SEO YouTube.

Video Anda akan mendapatkan rekomendasi dari YouTube. Sehingga video Anda akan lebih mudah tampil dan ditonton oleh subcriber maupun calon penonton yang baru.

YouTube menjadi media sosial yang sangat populer saat ini. Orang banyak mencari topik tertentu dan itu adalah tugas ANDA sebagai youtuber untuk menghadirkan solusi khusus memenuhi kebutuhan mereka.

Algoritma YouTube

Apa itu Algoritma YouTube? Algoritma YouTube 2021 adalah sebuah cara mesin pencari melakukan pelacakan, meninjau dan membantu penonton menemukan apa yang mereka cari. Merupakan tugas YouTube untuk menyatukan permintaan melalui sebuah hubungan antara retensi tinggi penonton yang suka, tidak suka dan termasuk berlangganan melalui penelusuran, sistem rekomendasi dan penemuan langsung pencarian konten video.

Sekarang YouTube memiliki beberapa algoritma untuk melacak dan menentukan peringkat konten video di berbagai area tempat video ditampilkan. Ini termasuk peninjauan halaman channel, video yang disarankan, dan hasil pencarian.

Algoritma YouTube Belajar SEO Youtube
YouTube

Meski tidak banyak perubahan dari algoritma YouTube 2020 sebelumnya, perlu diketahui bahwa tujuan platform ini tetap sama, yaitu:

  • Membuat lebih banyak orang untuk menonton dengan algoritma youtube yang membantu penonton menemukan video pilihan terbaik mereka.
  • Agar penonton selalu terlibat setiap saat dengan menghadirkan lebih banyak video relevan terbaik YouTube.

Youtube sudah memberikan informasi penting tentang menjadi mitra mereka. Kurang lebih kesimpulan nya mereka seperti mau mengatakan sama kita bahwa “kalian tidak harus mengerti keseluruhan tentang algoritma, script video dan hal membingungkan lain nya”. Cukup pahami tujuan pembuatan konten informatif juga berkualitas dan penuhi minat penonton untuk jangka panjang sesuai pedoman komunitas dan kebijakan YouTube.

Sekilas rentetan sistem rekomendasi algoritma YouTube :

1. Clicks dan Views : Semua kreator berupaya untuk mendapatkan clicks dan views yang banyak hingga mengumpulkan RKT atau Rasio Klik Tayang Tinggi. Akan tetapi banyak youtuber melakukan kecurangan dalam menerapkan nya.

Akhirnya terlalu banyak channel clickbait yang memasang judul thumbnail maupun judul video membohongi penonton. Tolong jangan lakukan ini bila ingin channel tayang untuk jangka panjang. Patuhi saja kebijakan YouTube, hindari clickbait negatif yang akan merusak reputasi channel dan pribadi Anda.

Kebijakan YouTube
Patuhi Kebijakan YouTube, hindari clickbait negatif yang akan merusak reputasi channel dan pribadi Anda

2. Watch Time : Youtube mengukur seberapa lama penonton menghabiskan waktu mereka di channel Anda. Selalu produksi tontonan bermanfaat otomatis akan meningkatkan durasi menonton atau Watch Time.

Agar durasi menonton tetap terjaga, jangan terlalu banyak intro di awal video. Total waktu tonton merupakan cara yang lebih baik untuk menentukan peringkat video.

Agar audiens menikmati sajian konten yang mereka tonton, coba perhitungan waktu sesuai porsi ketika menyajikan konten video. Jangan bertele-tele melakukan pengulangan informasi isi konten.

Sekarang, prioritas utama YouTube adalah memberi peringkat konten menurut apa yang akan membuat pengguna merasa puas. Maksudnya mereka menonton tanpa mempercepat video dan dengan senang hati klik tombol like, subcribe maupun lonceng notifikasi.

3. Satisfaction dan Responsibility : YouTube ingin kita menjalin hubungan emosional kepada penonton. Anda bisa bertanya kepada pemirsa apa saja yang mereka sukai. Tingkatkan konten yang dapat Anda pertanggungjawabkan dan jangan menyebarkan konten yang melanggar batas aturan kebijakan Youtube.

4. Machine Learning : Sebuah sistem yang mengedepankan informasi sumber terpercaya. Machine Learning akan mengidentifikasi spam dan menghapus konten re-upload serta hal lain yang melanggar kebijakan Community Guidelines Youtube.

5. Evergreen Content : Evergreen Content adalah bagaimana Anda melatih diri dan terbiasa membuat konten video relevan untuk jangka waktu yang sangat lama. Contoh nya Anda bisa menjadi YouTuber konten resep masakan, tutorial cara ini, cara itu dan lain-lain.

YouTuber Resep Masakan
YouTuber Resep Masakan

Belajar SEO YouTube

Belajar SEO YouTube ini bertujuan untuk mengoptimalkan bagian penting dari channel Youtube milik Anda. Cara SEO YouTube memudahkan penonton melakukan pencarian sesuai konten yang Anda miliki. Layak nya Anda optimasi website di Google, channel Anda juga perlu lebih optimal.

Kalau Anda pernah optimasi sebuah website berarti akan lebih mudah buat Anda belajar SEO Youtube. Langkah optimasi di YouTube memiliki pola hampir sama saja dengan Google.

Baca juga artikel Cara Optimasi Website Menggunakan Teknik SEO On Page.

Langkah Optimasi SEO YouTube

Apa saja langkah optimasi SEO YouTube?

  1. Riset Kata Kunci : Bila Anda belum menentukan Niche Konten video maka lakukan riset kata kunci berdasarkan data tersimpan dari kotak hasil pencarian.
  2. Judul Video : Buat judul yang menarik dan membuat calon subcriber Anda penasaran ingin menonton.
  3. Deskripsi : Gunakan isi konten video sebagai teks deskripsi video Anda agar memiliki korelasi tepat.
  4. Tag : Jangan lupa memasang tag video, tag akan membantu algoritma YouTube menghadirkan penayangan video ke pemirsa pencari informasi.
  5. File Video : Optimasi file video sesuai dengan konten yang Anda upload.
  6. Promosi : Setelah semua selesai segera promosikan url video Anda ke sosial media.

Topik Mudah Ditemukan

Mempercepat topik mudah ditemukan bukan saja mengikuti kemauan pribadi tapi lebih kepada memenuhi kebutuhan, minat dan respond pengguna. Anda harus dapat melihat volume pencarian yang tepat pada kata kunci yang Anda targetkan. Hingga konten menjadi SEARCHABLE Topic atau topik mudah ditemukan.

Memiliki Retensi Tinggi

Anda harus membuat konten yang berguna, karena channel Anda membutuhkan retensi pemirsa yang SANGAT TINGGI.

YouTube hanya peduli tentang berapa banyak uang yang mereka hasilkan dan selalu fokus pada bagaimana mereka dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Ini bukan hanya mesin pencari saja, tetapi sebuah bisnis. YouTube selalu mengutamakan ingin orang-orang serius menghadirkan konten yang sesuai ketentuan pada platform mereka.

Periksa Hasil Penelusuran Google

Cara lain Anda bisa memeriksa keyword dengan memeriksa hasil penelusuran di Google akan membantu pemilihan niche konten video YouTube yang cocok ditampilkan disana. Penelusuran Google juga menampilkan tautan video YouTube terpilih. Setidaknya Anda sudah mendapatkan tambahan informasi sebuah konten video yang memenuhi syarat mengisi halaman hasil penelusuran tersebut.

Interaksi Pelanggan

Suka, berlangganan, lonceng notifikasi dan komentar. Semua ini memenuhi syarat sebagai “interaksi” pelanggan dan ini memiliki value buat algoritma YouTube.

Dorong penonton Anda untuk berinteraksi dengan Anda. Cara ini menjadi sangat penting dalam meningkatkan tingkat keterlibatan antara Anda dengan penonton yang membantu mendapatkan rekomendasi bahwa channel Anda layak ditonton.

Thumbnail & Judul Thumbnail YouTube

Buat Thumbnail atau gambar mini dan judul thumbnail YouTube yang memancing rasa penasaran tinggi, pastikan selalu relevan dengan konten ya. Hindari clickbait yang bersifat sementara karena cara ini seolah membohongi penonton Anda.

Tambahkan Rekomendasi Video Layar Akhir

Yang terakhir Anda harus menambahkan rekomendasi video di layar akhir. Algoritma YouTube menggunakan sistem machine learning. Sistem ini memprioritaskan informasi dari sumber-sumber terpercaya dan menghapus semua tindakan yang bersebrangan dari kebijakan platform mereka.

Selamat menjadi YouTuber paling WOR dan terkenal ya.

Fahriseo

Search Engine Optimizer More Info WA : 0812-65-400-800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *